MALAM TASYAKURAN PERINGATAN HUT RI KE 76 DESA KERTAYASA

16 Agustus 2021
Humas
Dibaca 567 Kali
MALAM TASYAKURAN PERINGATAN HUT RI KE 76 DESA KERTAYASA

Desa Kertayasa – Pemerintah Desa Kertayasa menggelar tasyakuran peringatan HUT RI ke 76 di pendopo Balai Desa Kertayasa, Senin malam (16/8). Tasyakuran ini melibatkan para lembaga desa dan tokoh masyarakat dari berbagai elemen. Ada RT, RW, Pamong, BPD dan masyarakat sekitar pendopo. Tasyakuran ini merupakan rangkaian kegiatan yang digelar Pemerintah Desa Kertayasa untuk memperingati hari kemerdekaan RI di masa pandemi ini yang diadakan secara sederhana dengan mematuhi protokol kesehatan.

Saat acara berlangsung, Kades Desa Kertayasa Purwoko Hendro Winarno terlihat membaur bersama masyarakat. Mereka duduk bersila dikelilingi ratusan nasi tumpeng yang berjajar rapi. Usai berdoa, Kades  menikmati nasi tumpeng tersebut bersama seluruh warga yang hadir. Mereka tampak antusias bisa memperingati dan memaknai hari kemerdekaan RI dengan penuh kebersamaan seperti itu. Mereka menggelar doa bersama dan menikmati nasi tumpeng bareng-bareng.

“Nilai yang bisa kita petik dari acara ini adalah kebersamaan. Jaga terus kekompakan dan kebersamaan untuk mengisi kemerdekaan ini walaupun dalam masa pandemi,” kata Kertayasa Purwoko Hendro Winarno.

Pada malam tasyakuran juga ada pergantian Ketua RT 01 RW 02 yang bernama Muchidin dikarenakan meninggal dunia digantikan oleh Sekretarisnya yang bernama Toto. Pergantian Ketua RT berjalan dengan tertib dan lancar

Kades mengatakan, tasyakuran ini sebagai ungkapan syukur warga atas kemerdekaan RI 76 tahun lalu, sekaligus momen untuk mendoakan para pahlawan yang telah berjasa merebut kemerdekaan Indonesia. "Kemerdekaan ini adalah karunia dari Tuhan Y.M.E. Serta buah perjuangan para syuhada melawan penjajah. Tanpa jasa mereka, kita tidak akan bisa merasakan nikmatnya kemerdekaan. Maka, cara kita untuk berterima kasih adalah dengan terus mendoakan dan meneladani semangat beliau. Kita juga harus melanjutkan cita-cita dan perjuangan beliau dengan melakukan pembangunan untuk mengisi kemerdekaan," kata Pak Kades.

Kades menambahkan, berjuang untuk mengisi kemerdekaan tidak harus dengan mengangkat senjata. Namun bagaimana kita bisa mempertahankan kemerdekaan dan mengisinya dengan hal positif untuk menuju Indonesia yang lebih baik. "Pemdes sendiri mengisi kemerdekaan ini dengan menciptakan berbagai program inovasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Alhamdulillah, hasilnya nyata bisa dirasakan warga Desa Kertayasa," kata Kades.

Tasyakuran ini juga diisi dengan tausyiah dari Ustad Ali Usman yang juga menjabat sebagai ketua BPD, yang diikuti dengan khidmat oleh para hadirin. Usai mendengar tausyiah, seluruh hadirin menikmati nasi tumpeng bersama. Ada nasi kuning, nasi uduk, maupun nasi putih yang dilengkapi lauk pauk dan disajikan dalam ancak/ baki. Sementara lauknya juga bervariasi. Ada ayam plecing, ayam bakar, telur, kering tempe, dan beragam varian lainnya yang semakin menambah nikmat sajian tersebut.