Sosialisasi dan Bimtek Pengelolaan Website Desa (Sistem Informasi Desa)

03 Agustus 2021
Humas
Dibaca 302 Kali
Sosialisasi dan Bimtek Pengelolaan Website Desa (Sistem Informasi Desa)

KERTAYASA- Sekitar 15 orang administrator pengelola website desa di seluruh Kecamatan Kramat, mengikuti bimbingan teknis (bimtek) pengelolaan website desa yang diselenggarakan olehPemerintah Desa Kertayasa, Purwoko Hendro Winarno, turun langsung sebagai pemateri/narasumber dalam acara ini yang di selenggarakan pada Selasa, 3 Agustus 2021 pukul 09:00 yang bertempatkan di Aula Balai Desa Kertayasa.

Tak hanya pelatihan, para peserta  bimtek juga diberi pemahaman tentang Sistem Informasi Desa (SID). Sistem Informasi Desa (SID) merupakan fasilitas untuk masyarakat agar bisa mengakses informasi tentang pembangunan Desa, baik pembangunan sarana prasarana maupun pembangunan sumber daya manusia-nya.

Data-data dalam Sistem Informasi Desa (SID) meliputi profil desa, potensi desa, data pembangunan kawasan perdesaan, data jumlah penduduk dan data-data lain yang berkaitan dengan desa. 

Sistem Informasi Desa (SID) juga dapat mengembangkan potensi desa, produk lokal untuk dikenalkan kepada publik dan menciptakan kemandirian desa, sehingga tercipta sentra ekonomi desa. Selain itu Sistem Informasi Desa (SID) ini juga dapat digunakan sebagai pelayanan publik, seperti pelayanan administrasi, olah data dan dokumen.

Diharapkan dengan adanya Sistem Informasi Desa (SID) dapat mempercepat kemandirian desa melalui desa bersuara, desa berteknologi, desa berpelayanan prima, serta desa yang mampu melahirkan regulasi tata kelola pemerintahan dan informasi yang baik dan berkelanjutan.