Normalisasi Sungai Desa Kertayasa

15 Desember 2021
Humas
Dibaca 378 Kali

KERTAYASA – Rabu, 15 Desember 2021.  Mengutip data dari BNPB, banjir merupakan bencana alam terbanyak di Indonesia yaitu 36,50 persen. Pada dasarnya banjir sisebabkan oleh 3 hal yaitu Pertama, badan sungai tidak mampu menampung air sehingga meluap. Kedua, curah hujan di daerah atas sangat tinggi yang berpengaruh di kota di bawahnya. Ketiga, banjir rob atau limpasan air laut yang masuk ke darat.

Penyebab banjir di Desa Kertayasa biasanya dikarenakan sungai tidak mampu menampung air yang meluap. Untuk mengatasi hal itu, Pemdes Kertayasa telah melakukan normalisasi sungai, yang terletak di RW 3 dan RW 2, agar menjadi lebih lebar dan dalam sehingga mampu menampung air yang meluap.

Timbunan lumpur, sampah, dan material padat menjadi penyebab sungai di RW 3 dan RW 2 menjadi dangkal. Sehingga pengerukan-pun dilakukan agar lumpur, sampah, dan material padat itu dapat diangkut ke daratan. Hal ini bertujuan agar air dapat mengalir ke hilir dengan lancar dan banjir-pun teratasi.

Normalisasi sungai membutuhkan usaha yang besar, besar harapan agar seluruh masyarakat Desa Kertayasa tidak membuang sampah di sungai, agar air dapat mengalir dengan lancar dan terbebas dari banjir.