Pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) Desa Kertayasa

12 Juni 2021
Humas
Dibaca 476 Kali
Pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) Desa Kertayasa

KERTAYASA – Sabtu, 12 Juni 2021 Program Pemdes Kertayasa Jalan Usaha Tani (JUT) dilaksanakan. Jalan usaha tani atau jalan pertanian merupakan prasarana transportasi pada kawasan pertanian (tanaman pangan, hortikultura, perkebunan rakyat, dan peternakan) untuk memperlancar mobilitas alat dan mesin pertanian, pengangkutan sarana produksi menuju lahan pertanian, dan mengangkut hasil produk pertanian dari lahan.

Pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT ) di Desa Kertayasa dilaksanakan pada tahun 2021 ini dengan biaya dengan biaya dari APBDes. 

Jalan usaha tani  ini berada di area persawahan Sidomba dengan lebar 3 meter dan panjang 650 meter, yang mana lokasi tersebut menjadi areal pertanian yang akses jalannya belum memadai. Sehingga petani merasa kesulitan untuk mengangkut hasil pertanian, karena kondisi jalan yang tidak bagus.

Dengan dilaksanakanya pembangunan Jalan usaha tani ini diharapkan proses mobilisasi alat-alat dan pertanian juga produk pertanian akan lebih lancar sehingga dapat mengurangi ongkos produksi (ongkos angkut) dan harga komoditi pertanian menjadi lebih baik.