Kegiatan Posyandu Desa oleh Bides dan Kader

16 September 2021
Humas
Dibaca 276 Kali
Kegiatan Posyandu Desa oleh Bides dan Kader

KERTAYASA – Kamis, 16 September 2021. Pos pelayanan terpadu (POSYANDU) adalah kegiatan berbasis masyarakat yang bertujuan untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan balita. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang biasa dilaksanakan di Desa Kertayasa 1x setiap bulannya oleh Bidan Desa (Bides) yang dibantu oleh ibu-ibu PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga).

Posyandu di Kertayasa terbagi menjadi 4 posyandu, yaitu RW 1 (Rumah Bp. Sundoko), RW 2 (Rumah Ibu Titik), RW 3 (Rumah Ibu Rosidah), RW 4 (Rumah Ibu Khodipah).

Program kegiatan utama posyandu desa ini meliputi Kesehatan ibu dan anak, Keluarga Berencana, Imunisasi, Gizi, dan Pencegahan dan penanggulangan penyakit. 

Dalam pelaksanaannya, Posyandu ini terdiri dari 5 Meja, yaitu Meja 1 (Pendaftaran), Meja 2 (Penimbangan), Meja 3 (Pencatatan), Meja 4 (Pelayanan), dan Meja 5 (Pemberiaan PMT). 

Seluruh warga dapat memanfaatkan pelayanan kesehatan dasar yang ada di Posyandu ini, terutama; bayi dan anak balita; ibu hamil, ibu nifas dan ibu menyusui; pasangan usia subur; dan pengasuh anak guna mendapatkan derajat kesehatan yang lebih baik lagi.